
JabarProv-CSIRT Aduan Siber
JabarProv-CSIRT adalah penyedia layanan tim respon insiden keamanan siber. JabarProv-CSIRT akan membantu stakeholders terkait untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dengan aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber
Manajemen Insiden Keamanan Siber
1. Triase Insiden (Incident Triage)
- Memastikan kebenaran insiden dan pelapor;
- Menilai dampak dan prioritas insiden.
2. Koordinasi Insiden
- Mengkoordinasikan insiden dengan konstituen;
- Menentukan kemungkinan penyebab insiden;
- Memberikan rekomendasi penanggulangan berdasarkan panduan/SOP yang dimiliki Gov-CSIRT Indonesia kepada konstituen;
- Mengkoordinasikan insiden dengan CSIRT atau pihak lain yang terkait.
3. Resolusi Insiden
- Melakukan investigasi dan analisis dampak insiden;
- Memberikan rekomendasi teknis untuk pemulihan pasca insiden;
- Memberikan rekomendasi teknis untuk memperbaiki kelemahan sistem.
Untuk pelaporan mengenai insiden siber yang terjadi (khusus untuk aplikasi milik Pemprov Jabar), tim JabarProv-CSIRT telah membuat mekanisme pelaporan berikut:
- Masyarakat dapat melaporkan insiden siber melalui email csirt@jabarprov.go.id
- Silahkan hubungi kami untuk melakukan aduan siber sesuai dengan prosedur pelaporan insiden.