Hero section image background

JabarProv-CSIRT Aduan Siber

JabarProv-CSIRT adalah penyedia layanan tim respon insiden keamanan siber. JabarProv-CSIRT akan membantu stakeholders terkait untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dengan aspek-aspek manajemen insiden keamanan siber

Manajemen Insiden Keamanan Siber

1. Triase Insiden (Incident Triage)

  • Memastikan kebenaran insiden dan pelapor;
  • Menilai dampak dan prioritas insiden.

 

 

2. Koordinasi Insiden

  • Mengkoordinasikan insiden dengan konstituen;
  • Menentukan kemungkinan penyebab insiden;
  • Memberikan rekomendasi penanggulangan berdasarkan panduan/SOP yang dimiliki Gov-CSIRT Indonesia kepada konstituen;
  • Mengkoordinasikan insiden dengan CSIRT atau pihak lain yang terkait.

 

 

3. Resolusi Insiden

  • Melakukan investigasi dan analisis dampak insiden;
  • Memberikan rekomendasi teknis untuk pemulihan pasca insiden;
  • Memberikan rekomendasi teknis untuk memperbaiki kelemahan sistem.

 

 

Untuk pelaporan mengenai insiden siber yang terjadi (khusus untuk aplikasi milik Pemprov Jabar), tim JabarProv-CSIRT telah membuat mekanisme pelaporan berikut:

  • Masyarakat dapat melaporkan insiden siber melalui email csirt@jabarprov.go.id
  • Silahkan hubungi kami untuk melakukan aduan siber sesuai dengan prosedur pelaporan insiden.