Faiz Rahman: Terang Benderang Itu Tugas Humas

Tanggal : 19 Mar 2021 06:32 WIB | Dibaca : 24801 | Kategori : Berita

Bandung-  Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat menerima kunjungan dari Biro Pemberitaan Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Aula Arifin Yoesoef Diskominfo Jabar, (Kamis, 18/3/2021). 

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Jabar Faiz Rahman, menyambut hangat kedatangan beberapa perwakilan DPR RI tersebut. Dalam kesempatan ini Faiz menjabarkan bagaimana mengelola isu media ala Jawa Barat. 

“Rumus dan resep tidak disembunyikan. Kami menduga prestasi Humas Jabar ini bersifat relatif. Kami berprinsip tidak hitungan. Apa yang dibutuhkan masyarakat dan media massa kita kasih,” katanya.

Faiz menjelaskan bahwa Jawa Barat mempunyai potensi jumlah masyarakat yang cukup besar dalam penggunaan internet.

“Jawa Barat memiliki 60 persen penduduk yang menggunakan internet dari total penduduk yang berjumlah 49 juta orang. 86 persen dari data tersebut merupakan pengguna media sosial,” jelasnya.

Atas potensi tersebut lanjut Faiz, Humas Jabar mengambil beberapa langkah untuk meningkatkan konten publikasi.

“Kita melakukan segmentasi khalayak dan juga survei persepsi,” katanya. 

Atas demikian, Faiz menjelaskan bahwa kolaborasi dengan perangkat daerah menjadi kunci strategi pengelolaan isu di media.

“Empat puluh enam perangkat daerah menggunakan domain yang sama. Kita kumpulkan dan kita arahkan. Perangkat daerah tersebut menafsirkan arahan sesuai karakter masing-masing. Terakhir kita evaluasi. Karena terang benderang itu tugas humas,” kata Faiz.

Sejalan dengan hal tersebut, Plt. Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI Mohammad Djazuli mengatakan pilihan kunjungan tertuju ke Diskominfo Jabar karena Jabar adalah provinsi paling popular di media massa. 

“Kami sudah ada survei publik. Jawa Barat menjadi provinsi yang paling popular di media massa.  Untuk itu kami ingin belajar ke sini,” katanya. 

Atas hal ini, Djazuli sangat ingin mengimplimentasikan apa yang dijelaskan Humas Jabar walaupun berbeda audience, sumber, dan pimpinan.  

“Yang terpenting dari yang dijelaskan Pak Faiz tadi adalah tentang kolaborasi antar unit. Hasil ini akan kami sampaikan ke pimpinan,” jelasnya.

Di akhir, Djazuli berharap hubungan kedua lembaga ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun terus bersinergi dan berkolabolasi. 

“Saya berharap dengan sharing seperti ini, kerja sama bisa dilanjutkan untuk meningkatkan citra layanan kita kepada masyarakat tentang informasi,” tutupnya. (Putri)

Penulis : Putri

Komentar


Post Terkait