Tingkatkan Kapasitas Pengolahan Data, Bidang Statistik Gelar Webinar Series #7

Tanggal : 18 Dec 2020 10:40 WIB | Dibaca : 190 | Kategori : Berita

KOTA BANDUNG- Bidang Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat kembali menggelar webinar, yang kali ini Statistika Webinar Series #7.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ida Ningrum mengharapkan, berbagai kegiatan yang dilakukan Bidang statistik ini bisa memberikan manfaat bagi peningkatan kapasitas peserta dari setiap perangkat daerah yang ada di setiap kota dan kabupaten dalam hal pengelolaan data.

“Webinar Series #7 merupakan yang terakhir di penghujung 2020, mudah-mudahan berbagai upaya kita Bidang Statistik banyak manfaatnya bagi peningkatan kapasitas dari temen-temen dari perangkat daerah, BAPPEDA dan Diskominfo kota/ kabupaten dalam hal pengelolaan data,” ucapnya.

Menurut Ida, dalam webinar Series #7 ini membahas terkait pemahaman statistik sederhana atau pengantar statistik yang tentunya sangat penting bagi para peserta untuk mengelola data secara deskriptif atau secara sederhana dalam penyusunan metadata.

“Hal ini penting karena data itu kalau tidak diolah, tidak dianalisis, belum terlihat manfaat atau belum terlihat pengetahuan baru dari sebuah data. Kita berharap,dari data yang dimiliki dapat menghasilkan pengetahuan baru sehingga bisa dijadikan dasar penyusunan kebijakan di Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Ida, saat membuka Statistika Webinar Series #7, Jumat (18/12/2020).

Ida juga mengatakan dalam Webinar Series #7 ini membahas bagaimana menvisualisasikan data yang biasanya tidak terpikirkan oleh kita, padahal jika visualisasikan data tersebut akan lebih menarik bagi pembacanya.

“Ini upaya kita untuk bersama-sama meningkatkan kapasitas pengolahan data,” ujarnya.

Sejumlah narasumber dalam Statistika Webinar Series #7 yang mengambil tema “Statistik Untuk Publik, yaitu Yusep Suparnan (Ketua Program Studi Statistika UNPAD) dan Ahmad Suwandi (Cheif Data Officer Lokadata.id). (Parno)

Penulis : rep no

Komentar


Post Terkait