Pemerintah Jangan Takut Akan Keterbukaan

Tanggal : 19 Oct 2020 12:42 WIB | Dibaca : 113 | Kategori : Berita

KAB. MAJALENGKA - Jika pemerintah berlaku tertutup, maka berpotensi besar menghasilkan pemerintahan yang buruk. Hal itu diungkapkan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Jabar Yudaningsih, S.Ag., M.Si, dalam acara Diseminasi Peningkatan Keterbukaan pada PPID di Kabupaten Majalengka yang digelar Diskominfo Jabar, Senin (19/10/2020)

"Jadi jika pemerintah bersifat  semakin tertutup, maka potensinya hasilnya adalah pengelolaan pemerintahan yang buruk. Sebaliknya, jika semakin terbuka, maka potensi pengelolaan pemerintahannya mengindikasikan semakin baik" ujar Yudangningsih.

Lalu Yudaningsih mengutip teori prinsip keterbukaan informasi publik dari Lord McNally, bahwa setidaknya ada 4 prinsip keterbukaan informasi publik.

"Yang pertama adalah imparsial, kedua tidak menahan informasi, ketiga tidak memiliki pengecualian, dan keempat tidak membebani publik dengan biaya tinggi" paparnya.

Yudaningsih juga menyebutkan Pemerintah yang tertutup banyak menghasilkan pemerintahan yang korup dan kepercayaan publik semakin menurun. Hal yang sama disampaikan Sekretaris Perusahaan Pikiran Rakyat Erwin Kustiman, terkait dengan kebebasan pers.

"Pemerintah tidak perlu takut dengan keterbukaan. Karena semakin pemerintah terbuka, maka akan semakin cepat tercapainya prinsip good governance" kata Erwin

Menurut Erwin, keterbukaan informasi juga harus disambut oleh pers yang semakin bertanggungjawab yang memenuhi kaidah-kaidah kode etik jurnalistik.

Pelaksanaan diseminasi peningkatan keterbukaan informasi pada PPID di Kabupaten Majalengka digelar untuk memberikan bimbingan teknis kepada PPID di daerah tentang prinsip keterbukaan informasi.

"Ini sebagai upaya membangun jejaring antara PPID Provinsi dan kabupaten kota di Jabar, baik jejaring data, informasi maupun berita. Diharapkan dengan diseminasi ini, PPID di Kabupaten Majalengka semakin meningkatkan prinsip keterbukaan informasi, sehingga tingkat kepercayaan publik semakin baik" tutur Indah Dwianti, Kasi Komunikasi Publik Diskominfo Jabar dalam sambutan pembukaannya, mewakili Kadiskominfo Jabar. (Pun)

Penulis : REP-PUN

Komentar


Post Terkait