Pengelolaan Sampah, Upaya Nyata Penanganan Citarum

Tanggal : 22 Jun 2020 13:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KAB. BANDUNG - Pengelolaan sampah adalah upaya nyata penanganan masalah sungai Citarum. Hal itu diungkapkan Dan  Sektor 21 Citarum Harum Kolonel Yusep Sudrajat, S.IP., M.Si dalam Focus Group Discussion (FGD) Edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Citarum Harum di kantor Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Senin (22/6/2020)

"Karena sampah domestik di sungai Citarum ini terbanyak, maka pengelolaan sampah menjadi upaya nyata menghilangkan sampah dari Citarum" katanya.

Ada beberapa tindakan atau kegiatan yang dilakukan Satgas Citarum Harum Sektor 21 dalam pengelolaan sampah bersama masyarakat, diantaranya pembuatan incenerator dan pembuatan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah 3R.

"Selain sebagian kita lakukan pembakaran sampah, kita juga bangun TPS 3R di mana warga sekitar tidak lagi membuang sampah ke sungai tetapi diolah dan menghasilkan produk lain yang berguna" tutur Yusep.

Yusep juga mengungkapkan bahwa program Citarum Harum ini adalah program keempat dalam penanganan kerusakan dan pencemaran Citarum

"Sebelumnya ada program Citarum Bergetar, Citarum Terpadu, Citarum Bestari, hingga Presiden Jokowi mengeluarkan Perpres Nomor 15 tahun 2018 tentang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum" paparnya.

FGD Edukasi PHBS yang digelar Diskominfo Jabar selaku Pokja Humas Satgas Citarum di Cicalengka ini merupakan rangkaian FGD di Kabupaten Bandung yang dimulai 15 - 23 Juni 2020. 

Kepala Seksi Komunikasi Publik Diskominfo Jabar Indah Dwianti, S.Kom menuturkan, yang menjadi target FGD itu adalah para kader PKK dan aparat Desa. 

"Diharapkan mereka menjadi penyebar luas informasi tentang Citarum Harum, sekaligus penggerak PHBS di masyarakat, terutama yang bermukim di sekitar DAS Citarum" jelasnya. (Pun)

Penulis : REP-PUN

Komentar


Post Terkait