Diskominfo Jabar Raih Penghargaan Best IT & Data Tech Governance

Tanggal : 06 Nov 2019 21:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

JAKARTA- Atas dedikasi dan usahanya dalam melakukan tata kelola data dan teknologi informasi, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mendapatkan penghargaan Best IT & Data Tech Governance 2019 untuk kategori Pemerintah Daerah. Penghargaan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Setiaji, dalam acara Data GovAI Summit & Awards 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada Rabu (6/11) malam.

Meskipun telah berkali-kali mendapatkan penghargaan, baik di tingkat nasional maupun internasional, Setiaji menegaskan bahwa hal tersebut bukanlah yang menjadi tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana mewujudkan pemerintah Jawa Barat yang lebih baik dari waktu ke waktu, sementara penghargaan hanyalah menjadi bonus dari apa yang sudah diusahakan sebelumnya.

Keamanan data juga sangat vital dalam Tata Kelola Data, karena ketika banyak perusahaan, termasuk pemerintah, terdisrupsi dan melakukan transformasi data digital, maka ketergantungan terhadap digitalisasi semakin besar dan data menjadi aset yang sangat strategis, yang akan diiringi oleh transformasi serangan juga dari dark web, hacker, dan cracker dalam melakukan serangan, terutama dalam hal pencurian data.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji, saat menjadi salah satu panelis dalam acara Data GovAI Summit & Awards 2019 yang berlangsung di tempat yang sama dengan penyelenggaraan CSI 2019.

"Data is the new oil. Pemerintah saat ini sulit untuk melakukan pengumpulan data, oleh karena itu kita harus bisa juga memberikan jaminan keamanan terhadap data yang diserahkan kepada pemerintah, sehingga meningkatkan kepercayaan si pemilik data kepada pemerintah. Bila sudah begitu maka pemerintah dapat memiliki data yang aman dan valid yang selanjutnya dapat dimanfaatkan juga untuk kepentingan masyarakat," ujarnya.

DataGovAI 2019 menjadi ajang pertemuan dan saling berbagi ilmu serta informasi terkait Tata Kelola Data dan bagaimana memanfaatkan data sebagai aset dan menjadi komoditas energi yang sangat strategis dalam kehidupan manusia di masa kini.

Penulis : tim jabarprov

Komentar


Post Terkait