Workshop Persandian Se-Jawa Barat

Tanggal : 30 Oct 2019 16:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

PURWAKARTA - Pembukaan workshop persandian mengenai penyusunan laporan tahunan dan audit persandian dihadiri oleh perwakilan peserta dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Prime Plaza Hotel, Kabupaten Purwakarta pada hari Rabu (30/10/2019). 

Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta Siti Ida Hamidah hadir dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (30-31 Oktober 2019) tersebut. Ida pun mengucapkan terima kasih kepada panitia dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat khususnya bidang persandian dan keamanan informasi karena kegiatan workshop persandian ini, bisa diselenggarakan di Purwakarta. Hal tersebut merupakan suatu kolaborasi dan sinergi yang baik antara Diskominfo Provinsi dan Diskominfo Kabupaten.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Tiomaida Seviana memberikan sambutan mewakili Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat yang tidak dapat hadir dikarenakan memenuhi undangan rapat koordinasi dengan anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Jawa Barat Komisi I.

"Persandian menyajikan layanan utama keamanan informasi meliputi aspek confidentiality (kerahasiaan), integrity (keutuhan), availability (ketersediaan) dan penyangkalan, dimana trend ke depan keamanan informasi memegang peran yang sangat penting dalam mendukung SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), " ujar Tio dalam sambutannya.

Narasumber Fajarudin dan M.Nur Afif yang mumpuni di bidangnya  dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dihadirkan untuk memberikan paparan guna meningkatkan kapasitas insan persandian di Jawa Barat.

Diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memudahkan Diskominfo Kabupaten/ Kota dalam menyusun laporan tahunan yang biasanya diminta per Januari (paling lambat Maret) dan mampu melaksanakan audit internal persandian guna meningkatkan pelayanan persandian dalam penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten/ Kota masing-masing.

Penulis : Tim Jabarprov

Komentar


Post Terkait