Perangi Hoaks Dengan Inovasi Dan Kreasi Generasi Muda

Tanggal : 30 Oct 2019 20:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KABSUKABUMI- "Berikan aku seribu orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku satu pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia". Tersurat jelas dalam penggalan pidato Bung Karno kala itu, bahwa amat vitalnya keberadaan pemuda dalam meraih cita-cita pembangunan bangsa.

Sejarah mencatat, dalam upaya merebut kemerdekaan dulu dari kaum penjajah, para pemuda menjadi garda terdepan.

Tak terkecuali di era informasi hari ini, peran pemuda menjadi tumpuan ditengah kompleksnya permasalahan sosial yang kita hadapi.

Ya, bak percikan api dalam timbunan sekam - jika diabaikan - fenomena maraknya peredaran hoaks dan hate speech jelas dapat menyulut hingga meretakan bingkai NKRI sebagai rumah besar kita bersama.

Sebagai antisipasi dalam meredam masifnya peredaran hoaks di daerah - terlebih jelang pelaksanaan Pilkada - Jabar Saber Hoaks melakukan monitoring isu ke Kabupaten Sukabumi (30/10).

Di sela kegiatan monitoring isu yang dikerjasamakan dengan  Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Jabar Saber Hoaks kembali mendapat kesempatan untuk menyosialisasikan potret dinamika perkembangan hoaks saat ini, ekpose "hoaks debunking" dari proses klarifikasi, termasuk memaparkan capaian kerja Jabar Saber Hoaks selama hampir satu tahun terakhir.

Ganjar Darussalam dari Divisi Pemeriksa Fakta Unit Jabar Saber Hoaks, dalam pemaparannya menekankan pentingnya menjaga semangat juang para generasi muda untuk mmbuat terobosan-terobosan positif di era digitalisasi informasi - salah satunya dengan turut andil dan berperan aktif dalam memerangi hoaks yang dapat mengganggu proses pembangunan. "Inisiatif para generasi muda dalam memerangi hoaks sangat penting," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengelola Opini dan Aspirasi Publik, Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Jejen Sujana, S.IP., M.Si mengatakan, kegiatan ini bagian dari upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dalam membendung derasnya peredaran hoaks. "Kegiatan ini diharapkan akan membendung peredaran hoaks," jelasnya.

Kegiatan yang diikuti oleh jajaran ASN Diskominfosandi Kabupaten Sukabumi juga puluhan pelajar SMA/SMK itu ditutup dengan sesi materi teknik pemeriksaan fakta yang dipandu oleh Tim Jabar Saber Hoaks. (dep_JSH)

Penulis : dep_JSH

Komentar


Post Terkait