PPID Kabupaten Sukabumi Siap Bantu Wujudkan Jawa Barat Menjadi Provinsi Informatif

Tanggal : 30 Oct 2019 11:56 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KABUPATEN SUKABUMI – Sekitar 100 orang peserta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Para Camat se-Kabupaten Sukabumi mengikuti Sosialisasi Peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Deddy Dharmawan mengatakan, Kabupaten Sukabumi dipilih menjadi tempat diselenggarakannya acara diantaranya karena ternyata di Kabupaten Sukabumi telah memiliki aplikasi yang dapat langsung menghubungkan antara masyarakat dengan Pemerintahnya, yaitu aplikasi Bima Sakti. Hal ini menjadi sesuatu yang patut dicontoh oleh daerah lain, agar transparansi pemerintah semakin terwujud.

"Aplikasi bima sakti ini bisa menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota lain yang ada di Jawa Barat khususnya, sehingga masyarakat dapat terhubung langsung dengan pemerintah. Bahkan aplikasi ini kabarnya lebih dulu ada dibanding dengan aplikasi Sapa Warga yang sekarang sedang digalakkan oleh Diskominfo Provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Deddy juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah juga harus tanggap terhadap perkembangan teknologi, sehingga penyediaan informasi dapat dilakukan melalui dunia digital, seperti aplikasi ataupun website PPID yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

"Saat ini kita juga harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada, maka aplikasi yang dibangun juga harus bisa langsung menghubungkan masyarakat daengan pemerintahnya, seperti aplikasi bima sakti yang ada di Kab Sukabumi, dan juga aplikasi sapa warga yang ada di Provinsi Jawa Barat. Bahkan aplikasi ini dapat langsung diakses melalui perangkat HP android kita," kata Deddy, dalam acara Penguatan PPID di Hotel Augusta Kabupaten Sukabumi, Rabu (30/10).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri menjelaskan bahwa para sekretaris, abaik sekretaris Dinas, Badan, maupun Camat merupakan pembantu PPID di daerah, dengan PPID nya sendiri berada di Diskominfo. Lalu masih ada juga yang disebut sebagai atasan PPID, yang dijabat oleh Sekretaris Daerah masing-masing daerah.

"Oleh karena itu, kominfo sebagai PPID harus selalu online, agar setiap permohonan informasi yang masuk dapat segera dijawab, dan dikoordinasikan dengan Dinas, Badan, maupun Kecamatan yang memiliki kewenangan terhadap informasi yang dimohonkan. Jawaban normatif harus diberikan secepatnya, karena bila tidak nanti atasan PPID yang akan dilaporkan, yaitu Saya selaku Sekda," ucapnya.

Iyos juga berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Sukabumi untuk menjadi tempat penyelenggaraan penguatan PPID dari Diskominfo Jabar. Diharapkan selain menjalin silaturahmi, acara ini juga dapat mewujudkan Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi yang informatif.

"Semoga dengan adanya acara ini, selain kita dapat menjalin silaturahmi, kita juga dapat mewujudkan tujuan kita menjadikan Jawa Barat sebagai Provinsi informatif," pungkasnya.

Dalam kegiatan yang mengambil tema: "Peran PPID Kabupaten dan Kota Dalam Mewujudkan Jawa Barat Provinsi Informatif" sejumlah pembicara di antaranya DR. Dedi Jamaludin Malik, M.Si (Akademisi), Deni Yudiawan, MM (Praktisi) dan Anne Friday (Komisioner Komisi Informasi Jabar), memberikan pemahaman, langkah serta informasi apa saja yang bisa diberikan PPID kepada publik di era keterbukaan informasi ini.

Penulis : Admin

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.