Monitoring Isu ke Cianjur, Jabar Saber Hoaks Ajak ASN Untuk Kooperatif Cegah Hoaks

Tanggal : 29 Oct 2019 19:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

Cianjur - Mengarus-utamakan isu pencegahan hoaks di berbagai lini terus dikampanyekan oleh berbagai pihak. Jabar Saber Hoaks (JSH) yang memiliki tugas untuk mengklarifikasi beredarnya berita yang diduga hoaks terus intens dalam mengkampanyekan pentingnya keterlibatan semua pihak untuk kooperatif dalam menangkal maraknya penyebaran hoaks. Selain bertugas sebagai lembaga klarifikator, JSH pun diembani tugas untuk melakukan edukasi kepada ASN agar bisa mandiri melakukan croschek terhadap berita yang belum jelas kebenarannya.

Pada hari Selasa (29/10), JSH melakukan monitoring isu ke Kabupaten Cianjur. Kegiatan yang digelar di Kantor Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Cianjur ini bertujuan untuk menggali isu-isu lokal sebagai upaya mitigasi atas potensi penyebaran hoaks di daerah.

Dalam kesempatan yang sama, JSH pun melakukan coaching clinic kepada jajaran Aparatur Sipil Negara Diskominfosantik Kab. Cianjur. Dalam coaching clinic yang dipandu oleh Ganjar Darussalam (Pemeriksa Fakta JSH), para peserta dilibatkan secara langsung dalam proses pemeriksaan fakta dari suatu berita.

Sekretaris Diskominfosantik Cianjur, Pratama, meminta kerjasama lanjutan dengan JSH dalam mengklarifikasi berita yang diduga hoaks. Secara khusus ia meminta JSH dapat mengantisipasi potensi penyebaran hoaks jelang pelaksanaan Pulkada pada tahun 2020.

"Kami mohon JSH bisa mewaspadai peredaran hoaks di Pilkada nanti," tutupnya.

Sementara, Depi Agung Setiawan dari Jabar Saber Hoaks meminta agar semua pihak dapat berperan aktif dalam menangkal masifnya penyebaran hoaks. Sementara untuk membantu menyebarkan hasil klarifikasi hoaks yang tengah happening masyarakat bisa mengakses akun-akun resmi JSH seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, dan nomor layanan aduan yang dikelola secara real-time oleh para admin JSH.

"Silakan masyarakat mengakses akun-akun resmi JSH untuk bantu klarifikasi hoaks yang tengah happening," tegasnya. (dep_JSH)

Penulis : dep_JSH

Komentar


Post Terkait