Diskominfo Jabar Selenggarakan Pelatihan Pentest Diskominfo se-Jabar Tahun 2019

Tanggal : 10 Sep 2019 18:06 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KARAWANG-Penggunaan sistem informasi, baik aplikasi maupun infrastruktur, di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah semakin meluas sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan publik dan tata kelola pemerintah yang baik. Namun meningkatnya intensitas penggunaan sistem informasi dan komunikasi tersebut berdampak pula pada meningkatnya risiko keamanan informasi yang dapat mengancam aspek kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi yang dikelola pemerintah, baik di Diskominfo Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Kerenanya, Diskominfo Jabar sebagai perangkat daerah yang bertugas melaksanakan urusan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika, statistik, dan persandian harus peduli terhadap keamanan aset informasi yang dimilikinya. Salah satu bentuk kepedulian itu adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Penetration Testing Diskominfo se-Jawa Barat di Hotel Resinda Kabupaten Karawang, 10-12 September 2019.

Kepala Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Tiomaida Seviana mengatakan dalam sambutannya, acara yang diikuti oleh 70 peserta dari Diskominfo Kab/Kota dan Diskominfo Provinsi Jabar ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM di Bidang Persandian dan Keamanan Informasi di daerah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM di Bidang Persandian dan Keamanan Informasi di daerah, sehingga  dapat mengetahui kelemahan atau kerentanan sistem informasi yang dimiliki masing-masing Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota," ujar Tio.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin mengucapkan rasa terima kasihnya karena telah memilih Kabupaten Karawang sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Pentest ini. Yasin juga mengatakan bahwa acara pelatihan ini menjadi satu dari sekian banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka hari jadi Kabupaten Karawang yang ke-386 yang jatuh pada tanggal 14 September.

"14 September adalah hari jadi Kabupaten Karawang yang ke-386, sehingga banyak acara yang akan dilakukan di Kabupaten Karawang, termasuk salah satunya Pelatihan ini. Oleh karenanya mohon dimaklumi bila banyak pemandangan spanduk acara yang terpasang di sepanjang perjalanan," ujarnya.

Dia berharap agar acara ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta yang mengikuti acara ini, terutama bagi kemajuan Dinas Kominfo Kabupaten Karawang sendiri.

Penulis : Admin

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.