Dinas Kominfo Jabar Monitoring Isu di Dinas Kominfo Kota Bekasi

Tanggal : 06 Sep 2019 10:14 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KOTA BEKASI-Dinas Kominfo Jawa barat melakukan monitoring isu terkait berbagai hal khususnya tentang penyebaran hoaks. Bersama tim Jabar Saber Hoaks (JSH), ASN Diskominfostandi Kota Bekasi antusias mengikuti paparan info terkini dari JSH.

Saat ini hoaks menyebar lebih masif. Saat momen Pilpres, hoaks lebih banyak terkait dengan politik, namun saat ini mulai muncul hoaks yang dibuat seperti berita media mainstream. Tampilannya mirip bahkan mengutip media terkenal. 

Saat ini, untuk merubah judul berita dan isinya sudah sangat mudah karena ada beberapa aplikasi di internet yang memungkinkan hal itu dilakukan. Iwan Kartiwan, salah satu anggota JSH mengatakan jika ada berita yang meragukan, meski dari media mainstream harus tetap mencari berita pembanding lain terkait tema yang sama. Mintalah link asli dari berita yang dianggap meragukan, bukan hanya dari screenshot berita.

"Setelah kami cek banyak juga berita dari media mainstream yang ternyata hoaks, bukan medianya,tetapi memang sudah dirubah, baik judul hingga isi berita, dengan screenshot yang dirubah," jelasnya.

"Jadi saran saya adalah masyarakat mencari link berita jika itu adalah berita online. Jika tidak ada link berita perlu dicurigai," jelasnya.

Sekretaris Diskominfostandi Kota Bekasi Asep Kadarisman mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan di Bekasi berlangsung lancar dan sangat bagus dalam memberikan wawasan terkait menangkal hoaks dan menambah jaringan masyarakat dan komunitas terkait upaya pencegahan hoaks.

Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Jawa Barat Dedi Dharmawan menambahkan sosialisasi akan terus dilakukan ke berbagai daerah, baik mendatangi langsung kantor dinas Kominfo juga melalui sosialisasi dalam bentuk dialog menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten.

"Selain JSH, kami juga memiliki banyak kegiatan seperti Citarum Harum Juara dan mobil layanan dinas komunikasi yang akan bergerak menyapa masyarakat di berbagai daerah di Jabar," tutupnya. Jo

Penulis : rep jo

Komentar


Post Terkait