Dialog Interaktif Semarakan Sosialisasi JSH Di Bekasi

Tanggal : 05 Sep 2019 20:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KOTA BEKASI–Bertempat di Balai Patriot Komplek Perkantoran Pemkot Bekasi, Jabar Saber Hoaks menggelar sosialisasi bertema "Mengoptimalkan Cerdas Literasi Digital Sebagai Upaya Menuju Indonesia Maju dan Bebas Hoaks” pada Kamis (5/9).

Pada sesi dialog, hadir tiga nara sumber yang menarik. Sehingga meski dilaksanakan pada siang hingga sore hari, peserta masih nampak antusias. Narasumber dalam dialog adalah Sekda Kota Bekasi Reny Hendrawati, penggiat literasi digital Nadia dan Wakil Ketua KIP Budi Yoga.

Sekda Kota Bekasi Reny memaparkan dengan cara interaktif dan berdialog langsung dengan peserta sosialisasi JSH tersebut. Ia menjelaskan terkait dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.

“Pengguna hape terbanyak di Jawa Barat, dan pengguna pada usia 15 – 19 tahun. Sehingga perlu sekali sosialisasi ini bagi anak-anak milenial,” jealsnya.

Ia pun memanggil sejumlah peserta sosialisasi dengan usia sekolah dan mahasiswa. Sambil terus memaparkan makalahnya, sesekali ia membuat pertanyaan yang harus dijawab peserta yang diundang ke depan.

“Orang tua dan media, tolong bantu bagaimana caranya agar anak-anak tidak tergantung pada internet, menangkal dampak negatif yang berlebihan.  Banyak hal baik juga, misalnya belajar make up lewat youtube atau belajar memasak, tapi harus didampingi,” jelasnya.

Ia juga meminta agar masyarakat berhati hati agar tidak melanggar UU nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Seorang peserta mahasiswa mengatakan perlunya menahan diri dalam menggunakan jari sebelum bermain di media sosial.

“Posting yang penting bukan yang penting posting, saring sebelum sharing, harus pikirkan dulu, jangan terbawa emosi, hal SARA yang sensitif, jangan mudah tersinggung,” katanya.  Jo

Penulis : rep jo

Komentar


Post Terkait