Enda: Berita Hoaks Sekarang Semakin Canggih

Tanggal : 05 Sep 2019 15:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KOTA BEKASI-Koordinator Jabar Saber Hoaks (JSH) Enda Nasution menyatakan bahwa berita hoaks saat ini semakin canggih dan semakin cepat penyebarannya. Jika masyarakat tidak memiliki atau kurang mengetahui literasi tentang hoaks, maka akan lebih banyak yang terpedaya oleh berita tidak benar atau hoaks itu. 

"Selain semakin canggih dalam sisi penyajian dan manipulasi, juga penyebarannya semakin masiv dan cepat. Ini semakin menghawatirkan dampaknya kepada masyarakat," ujar Enda, pada pembukaan sosialisasi JSH di Kota Bekasi, Kamis (5/8/2019) dengan tema 'Mengoptimalkan Cerdas Literasi Digital Sebagai Upaya Menuju Indonesia Maju dan Bebas Hoaks'.

Oleh karena itu, menurut Enda, kecerdasan dan pengetahuan masyarakat tentang hoaks harus terus ditingkatkan agar tidak termakan berita bohong dan tidak latah menyebarkan berita atau informasi yang salah.

"Sosialisasi ini salah satu upaya kami meningkatkan literasi atau pengetahuan masyarakat tentang hoaks. Karena hoaks juga pada akhirnya bisa menghambat langkah pembangunan yang dilakukan pemerintah," terang Enda.

Sosialisasi JSH di Kota Bekasi dibuka Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto yang menyampaikan berbagai upaya Kota Bekasi dalam memerangi hoaks.

"Kita upayakan bikin lagu tentang anti hoaks yang dinyanyikan aparat pemerintah dan masyarakat Kota Bekasi, kemudian upaya keterbukaan informasi dari setiap OPD di Kota Bekasi agar tidak dimanipulasi atau disimpangkan," papar Tri.

Sementara itu Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Jabar Dedi Dharmawan menegaskan bahwa sosialisasi anti hoaks oleh JSH terus dilakukan, sepanjang tahun 2019 sudah 8 kali di berbagai daerah dan akan terus dilakukan tahun 2020. (Pun)

Penulis : rep pun

Komentar


Post Terkait