Shahrial: Perlu Rubah Cara Berfikir Membuang Sampah

Tanggal : 08 Aug 2019 15:50 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KAB. KARAWANG- Membuang sampah merupakan kegiatan yang sangat mudah dilakukan oleh seorang tetapi dampaknya sangat besar. Demikian dikemukakan Shahrial dari Neuro Linguistic Programming (NLP) saat memberikan motivasi kepada para siswa-siswi diacara sosialisasi Citarum Harum Juara di SMA Negeri 1 Telukjambe, Kab. Karawang, Kamis (08/08).

"Kalau berbicara tentang kebersihan, kita tidak bisa ngomongin yang besar, ngomongin sungai bersih dan sebagainya karena yang paling utama itu mulai dari sendiri," katanya.

Menurut Shahrial, ada perilaku yang paling kecil yang bisa dilakukan oleh semua orang termasuk juga oleh para siswa sekolah tetapi dampaknya paling besar, yaitu tentang membuang sampah pada tempatnya.

"Membuang sampah pada tempatnya karena itu pekerjaan mudah dan pekerjaan kecil tapi dampaknya sangat besar dan ini yang ingin kita biasakan kepada para siswa sekokah," katanya.

Shahrial menyatakan, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya ini  yang perlu terus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dan perlunya instansi menyediakan tempat-tempat untuk membuang sampahnya.

"Tentu kalau ingin buang sampah pada tempatnya, sediakan tempat sampah yang banyak, kemudian sediakan tempat sampa yang sudah dipilah-pilah mana yang organik mana yang bukan organik,  dampaknya ujungnya mereka tidak membuang sampah ke sungai dan sungai kita akan bersih," tuturnya. 

Shahrial menambahkan, sosialisasi hidup bersih dan sehat perlu dilakukan kepada siswa sekolah karena nantinya akan membentuk kebiasaan mereka untuk selanjutnya menyebarkannya kepada yang lain dengan cara mereka sendiri.

"Kenapa kepada siswa sekolah karena itu kebiasaan, kalau di rumah tidak ada yang mengingatkan dan melihat orang-orang lain membuang sampah sembarangan seolah-olah itu biasa-biasa saja itu yang perlu ditekankan bahwa itu tidak baik," tegasnya. (Parno)

Penulis : rep-no

Komentar


Post Terkait