Diskominfo Jabar, Sosialisasikan Citarum Harum Juara

Tanggal : 08 Aug 2019 15:30 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

KAB. KARAWANG- Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat, dengan panjang 269 kilometer yang terbentang dari Cisanti Kabupaten Bandung hingga pesisir Kabupaten Karawang.

Sungai Citarum memiliki tingkat pencemaran yang sangat tinggi karena sungai tersebut menjadi tempat masyarakat membuang sampah, tempat limbah pabrik dibuang akibatnya air berwarna hitam dan berbau busuk, sehingga menjadikan sungai dengan tingkat ketercemaran tertinggi di dunia. 

Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota dan Kabupaten di Jawa Barat yang wilayahnya terlewati Citarum, untuk menjadikan kembali sungai Citarum sebagai sumber penghidupan masyarakat seperti dahulu dan menjaga kelangsungannya untuk kehidupan generasi yang akan datang. 

Halnya dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya siswa-siswi SMA Negeri 1 Telukjambe, Kabupaten Karawang, pada Kamis (08/08).

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Setiaji, Program Citarum Harum Juara selain merupakan program unggulan Pemprov Jawa Barat juga merupakan program strategis nasional sehingga perlu mendapat perhatian besar dalam melestarikan kehidupan biota sungai maupun  kualitas air Citarum.

"Kita sadari bahwa anak-anak muda ini adalah generasi penerus kita kedepan dan kita harus tanamkan nilai-nilai positif terutama bagaimana bisa memelihara kehidupan yang ada di Citarum," katanya.

Menurut Setiaji, para siswa kehususnya generasi muda harus memahami dan mengerti bagaimana cara memelihara kehidupan yang ada di Sungai Citarum untuk nantinya mereka juga bisa mewariskan keberadaan sungai Citarum yang lebih baik bagi anak dan cucu yang akan datang.

"Sungai Citarum ini untuk anak cucu kita kedepan, mereka juga generasi kedepan yang tentunya diharapkan bisa menularkan kepada yang lain," ucap Setiaji, diacara sosialisasi Citarum Harum Juara di SMA Negeri 1 Telukjambe, Kab. Karawang, Kamis (08/08).

Setiaji menyatakan, selain menyasar langsung kalangan melenial melalui sekolah-sekolah, dengan menggunakan media elektronik dan media sosial kita berharap sosialisasi Citarum Harum Juara ini juga bisa menyentuh berbagai kalangan.

"Sekarang ada media elektronik ya mereka dengan IG, FB, Youtube, sehingga bisa memperbesar seperti efek salju, kita harapkan bisa juga mengedukasi kepada yang lain," ujarnya.

Setiaji harapkan, dengan sosialisasi ini ada berubahan perilaku, meski sebenarnya hal-hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan namun dengan sosialisasi ini bisa tertanam jiwa untuk bisa merubah perilaku tidak membuang sampah sembarangan serta bisa mengingatkan teman atau keluarganya agar membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang ke Citarum.

"Sosialisasi ini bisa membantu mengingatkan temen yang lain atau keluarganya atau orang tuanya, kepada pihak lain pada saat ada yang membuang sampai ke sungai citarum. Dan sosialisasi ini akan kita lakukan ke sekolah-sekokah di kota/ kabupaten yang wilayahnya terlewati sungai Citarum," pungkasnya. (Parno)

Penulis : rep-no

Komentar


Post Terkait