Setiaji : Sampaikan informasi dan data secara akurat

Tanggal : 06 Aug 2019 14:42 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

GARUT-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji mengatakan, dalam waktu dekat open data Jawa Barat akan diluncurkan. Nantinya akan menjadi pusat data yang diperlukan bagi masyarakat dan juga jurnalis dalam mendapatkan informasi yang akurat tentang Jawa Barat.

"Keterbukaan Informasi Publik termasuk data menjadi hal penting, apalagi akan menjadi peran inti dari Dinas Kominfo. Harus cepat dan akurat dalam menyajikan data," katanya saat kegiatan Forum Informasi dan Komunikasi Publik di Kabupaten Garut, Selasa (6/8).

Ia berharap Dinas Kominfo menjalankan sinergi yang luas dengan berbagai pihak untuk menjadi kuat dalam penyajian data dan informasi kepada masyarakat. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan best practise bagi ASN dalam memanfaatkan perkembangan digital, termasuk digital marketing.

"Ke depan portal web provinsi Jawa Barat akan lebih baik dan lengkap, wajah dan desain akan diperbaiki, dan akan menjadi rujukan terpadu dalam penyajian data dan informasi terkait potensi Jabar," katanya.

Ketua PWI JBR Hilman Hidayat mengatakan, dalam membuat berita harus berhati-hati, bukan hanya bagi wartawan namun juga pengelola website milik pemerintah daerah. 

"Jangan sampai ada gugatan terkait pencemaran nama baik, apalagi melanggar UU ITE. Sehingga diperlukan data yang akurat," jelasnya.

Di sisi lain, menurutnya juga diperlukan adanya sertifikasi bagi pengelola website pemerintah apalagi jika memiliki reporter yang mengisi konten beritanya. Ia mengatakan ada 43 ribu situs portal berita, namun hanya 2000 yang terverifikasi dewan pers. "Masih banyak yang belum terverifikasi, lebih baik segera daftarkan ke Dewan Pers," jelasnya.

Hilman menegaskan pentingnya dialog semua pihak untuk saling menjaga agar hoaks bisa diredam dan dicegah. Apalagi data informasi hoaks dari Jawa Barat termasuk yang tertinggi.

Kepala Bidang IKP Dedi Darmawan berharap peserta akan memperoleh pencerahan bersama dan dapat mengimbangi perkembangan TI yang semakin maju, khususnya bagi para ASN. Jo

Penulis : rep jo

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.