Dinas Kominfo Jabar Selenggarakan Forum Informasi dan Komunikasi Publik

Tanggal : 06 Aug 2019 14:30 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

GARUT-Bertempat di Hotel Santika Cipanas Kabupaten Garut, Jawa Barat, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat menggelar acara Forum Informasi dan Komunikasi Publik bertema "Sinergitas Peningkatan Pelayanan IKP di Jawa Barat Era Digitalisasi" Selasa, 6 Agustus 2019.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji membuka forum ini yang juga dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Dan Kemitraan Publik, Sembiring, Ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat serta Kepala Bidang IKP Dedi Dharmawan.

Setiaji mengatakan posisi Jawa Barat sangat strategis terkait dengan perkembangan informasi, karena jumlah penduduknya yang sangat banyak. Pengguna HP saat ini sangat mudah mengakses informasi apalagi media sosial. Mengakses media sosial, searching atau Googling hingga Youtube menjadi hal yang sangat mudah diakses. Bahkan melalui internet, banyak masyarakat mendapatkan keuntungan ekonomi.

"Medsos penggunanya selalu naik, mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram. Konten dari medsos ini harus memberikan dampak positif, terutama menunjukkan kinerja pemerintahan," katanya.

Untuk bisa memanfaatkan media sosial, tentunya ASN harus bisa menempatkan diri, termasuk dalam menggunakan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat, tidak kaku. Apalagi pengguna medsos banyak berasal dari anak-anak muda atau milenial. Medsos dan internet dapat menjadi Infrastruktur yang baik dalam menyampaikan informasi dengan cepat, yang akhirnya dapat menangkal atau meredam hoaks.

"Contohnya kemarin gempa, ada foto BEC di Bandung miring rubuh, itu hoaks. Padahal memang bangunannya sudah seperti itu," katanya.

Ia berharap dengan kegiatan ini maka jajaran Kominfo di seluruh Kabupaten Kota menjadi pencegah dan penangkal hoaks di Jawa Barat. Namun di sisi lain harus menjadi dinas yang terbuka, terutama dalam menyampaikan informasi yang akurat dan benar. Jo

Penulis : rep jo

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.