BANDUNG: Guna meningkatkan disiplin pegawai khususnya dalam hal kehadiran pegawai masuk kerja tepat waktu, pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat akan menerapkan absen elektronik (e-absent) diseluruh OPD Prov. Jabar, demikian dikemukakan Pelaksana Teknis IT BKD, Risgiyanto, Kamis (29/12) ketika diwawancara jabarprov.go.id.

Menurutnya, penggunaan absensi elektronik akan diberlakukan pada tahun 2012 mendatang. Saat ini, kami sedang melakukan persiapan teknis, diantaranya merampungkan pemotretan pegawai, menginstal aplikasi (soft ware) absen elektronik dan pelatihan tatacara penggunaan aplikasi kepada operator dan admin di OPD. Sejumlah 55 OPD dilingkungan Pemprov. Jabar akan menggunakan absen elektronik ini, jelas Risgiyanto.

Dalam hal infrastruktur, bahwa tiap OPD diberikan satu unit PC/Komputer dengan kelengkapan UPS, kabel jaringan dan perangkat lainnya. Sedangkan untuk server yang nantinya menjadi tempat integrasi database akan terpasang di NOC Dinas Kominfo Prov. Jabar.

Mengingat absen elektronik berjalan secara on line, maka akan terpasang pada jaringan VPN-IP yang dikelola Dinas Kominfo. Untuk administrator yang memanje aplikasi dan database dilakukan oleh admin dari BKD. Dinas Kominfo bertanggung jawab atas pemeliharaan, dan keamanan server termasuk untuk security data basenya.

Absen elektronik ini tentunya masih menjadi hal yang baru dan tidak dipungkiri akan terjadi beberapa kendala teknis dan non teknis, namun hal demikian tidak akan menunda penerapan e-absent, demikian Risgiyanto.(**)

Sumber : www.jabarprov.go.id
Penulis : admin