Pembekalan Konsep AGILE pada CPNS Diskominfo Jabar

Tanggal : 14 Jan 2021 14:37 WIB | Dibaca : 1849 | Kategori : Berita

BANDUNG- Diskominfo Jabar menggelar kegiatan pembekalan CPNS dengan tajuk “Implementasi AGILE pada Tata Kelola Pemerintahan” dengan narasumber Amir Syafrudin yang merupakan pranata komputer muda sekaligus praktisi project management dalam pembangunan budaya kerja berkonsep cerdas di Direktorat Jendral Pajak sejak tahun 2015.

Kegiatan pembekalan CPNS yang dilakukan secara daring melalui zoom ini dibuka oleh Kepala Diskominfo Jabar, Setiaji (14/1/2021). Setiaji menjelaskan, “Konsep AGILE yang tidak asing digunakan di sektor swasta, harus mulai diterapkan dalam pelayanan sektor publik agar dapat responsif dengan perubahan."  

Amir Syafrudin menjelaskan, “Yang dimaksud merespon disini bukan merespon setiap perubahan yang muncul, tapi merespon perubahan-perubahan yang sudah melalui proses verifikasi dan validasi. Selain itu, penerapan AGILE dianggap mampu mendeteksi kesalahan dan kekurangan dalam pekerjaan sedini mungkin sehingga mampu menurunkan tingkat kompleksifitas pekerjaan."

Konsep agile merupakan upaya menggeser cara kerja waterfall dalam birokrasi pemerintahan yang menitikberatkan pada arahan dan proses. Pada dasarnya, konsep AGILE lebih menitikberatkan pada kebutuhan produk dan kecepatan dalam merespon perubahan sehingga mampu mengefisienkan tenaga dan waktu dalam mengerjakan suatu pekerjaan. “AGILE itu berorientasi pada produk, membuka ruang untuk kolaborasi, siap merespon perubahan yang valid, fokus pada kemampuan individu ketimbang selalu mengikuti proses pekerjaan saja,” pungkas Amir Syafrudin. (fauziah)

Penulis : fauziah

Komentar


Post Terkait