Kadiskominfo Jabar : Cari Kebenaran Berita Sebelum di Share

Tanggal : 07 Nov 2018 11:37 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat mendukung langkah yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang terus melakukan upaya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, untuk tidak terlalu percaya terhadap informasi-informasi yang beradar yang betul tentu kebenarannya.

Namun menurut Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko, himbauan atau larangan dari Kemenkominfo tersebut jangan sampai menjadi penghalang bagi masyarakat yang ingin menginformasikan suatu peristiwa kepada publik.

"Peringatan Kemenkominfo itu jangan menjadi sebuah pengekang masyarakat untuk menginformasikan sesuatu secara mandiri," ucap Hening, di Kantor Diskominfo Jabar, Senin (05/11).

Menurut Hening, saat ini sudah ada citizen jurnalism yang merupakan jurnalisme yang diakui dan hari ini menjadi salah satu penyumbang terhadap penyebarluasan informasi secara baik dan benar, meskipun sangat tergantung dari konten yang disajikan oleh jurnalis warga.

"Saya menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan mencari kebenaran terhadap sebuah informasi atau berita sebelum kemudian disebarkan melalui media lain," ucapnya.

Hening menegaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen kuat untuk terus berupaya meminimalisir adanya berita-berita maupun informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya atau hoax.

"Sebagai bentuk komitmen Pemprov Jabar, sebentar lagi akan di launching atau dideklarasikan adanya sebuah Tim Saber Hoax yang memiliki tugas untuk pencegahan, penanganan masalah hoax yang dapat mengganggu ketertiban," tuturnya. (Parno)

Penulis : rep-no

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.