Robertus: Wujudkan Satu Data Indonesia Untuk Semua

Tanggal : 18 Oct 2018 14:43 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG-Kantor Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI menyelenggarakan Sosialisasi Penerapan Satu Data Indonesia (SDI) di Ruang Rapat Ir. H. Arifin Yoesoef Lt. IV Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Jl. Tamansari No. 55 Bandung, Kamis (18/10).

Narasumber merupakan tenaga ahli dari Kantor Staf Presiden, Robertus Theodore. Sedangkan peserta Sosialisasi pejabat yang membidangi Statistik dan e-Gov di Diskominfo Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

"Permasalahan terkait data yaitu sulitnya mencari data pemerintah. Data ada dimana-mana namun ketika dicari, tidak ada dimana-mana," ujar Robertus.

Lebih lanjut Robertus menyampaikan karena belum terwujudnya SDI maka berakibat terjadinya perbedaan angka untuk jenis data yang sama antara kementerian yang satu dengan kementerian yang lain. Hal tersebut terjadi karena belum adanya definisi/metadata dan kode referensi tunggal. 

"Sementara data sangat dibutuhkan untuk pengambilan kebijakan pimpinan. Seringkali KSP kewalahan mencari data ketika Presiden meminta penyediaan data secepatnya," imbuhnya.

Menyikapi permasalahan tersebut pemerintah pusat akan mensahkan Rancangan Perpres SDI dalam waktu dekat. Perpres ini akan menjadi pedoman Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah/Instansi Lainnya (K/L/D/I) dalam mewujudkan SDI.

Adapun substansi yang diatur dalam Rancangan Perpres SDI meliputi : Kelembagaan SDI di Instansi Pemerintah, Kualitas/Integritas Data yang diselenggarakan oleh pemerintah, Bagipakai/Interoperabilitas Data Pemerintah, Mekanisme Forum Satu Data, dan Memperkuat peran Walidata (Pusdatin/Diskominfo) menjadi satu-satunya pintu keluar masuk data instansi pemerintah.

Untuk menunjang perwujudan SDI dibuatlah strategi implementasi SDI yakni Perbaikan Tata Kelola Data : Penataan regulasi dan kelembagaan, Forum SDI, dan Peningkatan Kapasitas, dan Rilis dan Pemanfaatan Data Terbuka : Publikasi data dalam format terbuka, Pengembangan portal SDI (data.go.id), dan Mendorong pemanfaatan data baik internal maupun publik.

Penulis : Admin

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.