Diskominfo Jabar Menerima Kunjungan Dari SMK Medina Bandung

Tanggal : 19 Oct 2018 16:08 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG-Sebagai instansi pemerintahan yang berbasis teknologi dan informasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat kerap menerima kunjungan dari  berbagai Sekolah Menengah Kejuruan, salah satunya SMK Medina Bandung.

Kunjungan SMK Medina Bandung pada Rabu 17 Oktober 2018 ini dalam rangka menunjang pembelajaran dan meningkatkan kompetensi siswa melalui pembelajaran di luar sekolah. Adapun yang menjadi tema diskusi kali ini adalah “Internet Sehat dan Anti Hoax”.
 
Dihadiri oleh sekitar 5 pembimbing dan 35 siswa dari jurusan Teknik Komunikasi dan Jaringan (TKJ), kegiatan berjalan dengan lancar dan diwarnai dengan antusiasme para siswa dalam mendengarkan pemaparan yang disampaikan. Para siswa juga diberikan penjelasan mengenai gambaran umum proses kerja yang ada di Diskominfo Provinsi Jawa Barat.

Herry Pasya Sumbada, ATD selaku Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) menyambut baik kunjungan ini sekaligus memberikan pemaparan mengenai tema yang diangkat. Ia menjelaskan bahwa pada intinya dalam berkomunikasi baik melalui media online maupun secara offline kita harus “Saring Sebelum Sharing”.

“Dan untuk mencapai pola saring sebelum sharing butuh kebijakan, kesantunan, dan kecerdasan diri masing-masing,” tambahnya.

Selain mengampanyekan Anti Hoax, turut diberikan informasi mengenai sertifikasi apa saja yang perlu didapatkan untuk menunjang kemampuan dan memenuhi kualifikasi sebagai pakar IT. Salah seorang tenaga IT dari Diskominfo menjelaskan bahwa Lulusan SMK Jurusan TKJ tidak cukup dibekali dengan pendidikan keterampilan saja, tapi lulusan para lulusan SMK TKJ harus mempunyai beberapa sertifikat keahlian, khususnya di bidang computer sebagai syarat bahwa keahlian mereka itu telah diakui di tingkat nasional bahkan internasional. 

"Sertifikasi Cisco Certified Network Associate Routing & Switching (CCNA) dan Mikrotik Certified Network Associate (MTCNA) adalah jenis sertifikasi yang harus dimiliki pertama kali oleh calon Network Administrator, sehingga dapat menjadi nilai tambah pada saat melamar pekerjaan," tutur Deri.

Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa juga dapat mengenal situasi yang ada di lingkungan kerja.

Penulis : Admin

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.