Kemenkominfo Ajak UMKM Menggerakkan Usaha Ecommerce di Indonesia Melalui Transaksi Online

Tanggal : 21 Sep 2018 18:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG-Ratusan peserta dari berbagai lembaga, dinas, serta komunitas mengikuti Forum Sosialisasi Belanja dan Jualan Online: Murah, Cepat, dan Aman yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, bertempat di Gedung Graha Pos Indonesia, Bandung, Jumat (21/09). 

Dalam acara tersebut, Kemenkominfo mengadakan pelatihan serta fasilitasi dan simulasi jualan online untuk mengajak pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) turut serta membangun dan menggerakkan usaha ecommerce di Indonesia, dengan beberapa pembicara di antaranya Adelheid Helena Bokau, CEO Kredit Pro dan Muhammad Irwan Maulana, Project Officer Gapura Digital Google.

Plt Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Slamet Santoso mengatakan, dengan menggandeng IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), Asosiasi Fintech Indonesia, Google, Blibli serta Kredit Pro diharapkan para pelaku UMKM bisa teredukasi terkait penggunaan ecommerce serta semakin terstimulasi untuk memaksimalkan ecommerce guna mengembangkan usaha mereka.

Menurut Slamet, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia, mengingat saat ini terdapat penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta, dimana pengguna ecommerce pun terus meningkat dengan bertambahnya portal ecommerce yang memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat saat ini.

"Perkembangan transaksi online melalui portal ecommerce saat ini semakin populer digunakan di masyarakat luas, ini merupakan perkembangan yang positif, karena akan semakin memudahkan terciptanya hubungan antara penjual dengan pembeli," ucapnya. 

Karenanya Slamet menyatakan, informasi seperti ini sangat penting untuk disampaikan kepada UMKM agar mereka semakin mengerti potensi pasar yang begitu besar, dimana berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 61,41 persen dengan jumlah UMKM hampir mencapai 60 juta unit. 

"Saat ini baru sekitar 8% atau 3,79 juta pelaku UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Oleh karena itu, melalui acara sosialisasi gerakan 'Ayo UMKM Jualan Online', Kemenkominfo berharap untuk membantu UMKM go online agar dapat mengikuti tren pergerakan konsumen yang semakin piawai dan lebih memilih untuk bertransaksi secara online," tuturnya. (Parno)

Penulis : rep-no

Komentar


Post Terkait