Jabar Kini Punya Command Center

Tanggal : 11 May 2018 20:40 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG-Pemprov Jabar baru saja meresmikan Jabar Command Center yang bertempat di salah satu ruangan di Gedung Sate.

Peresmian Command Center dilakukan langsung Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher), Jum'at sore (11/5/2018). Dalam sambutannya, Aher menegaskan Command Center itu bukan hanya sekedar teknologi yang bisa mengintegrasikan data dan informasi, tetapi dampaknya lebih kepada kehadiran negara dalam kehidupan masyarakat.

"Kalau hanya sebagai alat komunikasi canggih, itu sudah banyak dimiliki, tetapi command center ini harus berdampak pada tepatnya langkah kebijakan pemerintah terhadap suatu kejadian atau keadaan," ujarnya.

Aher mencontohkan, lewat command center itu Pemerintah Provinsi bisa mengetahui persis kondisi satu daerah apakah ada sekolah lanjutan atau tidak, maka berdasar data itu, Pemerintah dengan tepat bisa mengeluarkan kebijakan.

"Misalnya dari data yang ada di big data yang kita miliki, kita bisa melihat kebutuhan daerah akan fasilitas pendidikan seperti sekolah, maka dalam kebijakan berikutnya, kita bisa membuat kebijakan pembangunan sekolah," katanya.

Command Center yang dibangun dengan biaya milyaran itu dikelola sepenuhnya oleh Diskominfo Jabar. Kadiskominfo Jabar Hening Widiatmoko menjelaskan, Command Center itu kali ini baru mengintegrasikan sedikitnya 5 aplikasi.

"Ada RKPD online, SIPKD, Atisisbada, E-Monev, E-Skip dan Sidadali. Semua itu adalah perangkat untuk memantau perkembangan program dan penggunaan anggaran di SKPD Pemprov Jabar. Dengan aplikasi itu Pimpinan bisa melihat secara online perkembangan pembangunan dan penggunaan anggaran," jelas Widi.

Command Center operasionalnya dipegang oleh Diskominfo tetapi diharapkan bisa mengintegrasikan seluruh sistem informasi yang ada di seluruh SKPD Pemerintahan Provinsi Jabar.(Pun)

Penulis : rep-pun

Komentar


Post Terkait