Kominfo Selenggarakan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan KIM Jabar

Tanggal : 03 Apr 2018 14:04 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG - Dinas Kominfo Jawa Barat mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Jawa Barat (Jabar)". Kegiatan diikuti oleh perwakilan dari dinas kominfo kabupaten dan kota di Jabar, Selasa (3/4/2018).

Sekretaris Dinas Kominfo Jabar Asep Sukmana mengatakan perlunya keberimbangan peran antara Komunikasi Informasi Publik (KIP) dan E-government (EGov).

"Semua aspek harus ditingkatkan diantara keduanya. Bukan hanya TIK saja, harus seimbang," ujarnya.

Ia menambahkan Kominfo Jabar akan terus berusaha memperbaiki kelembagaan termasuk dalam kelembagaan Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM. Keberadaan KIM sangat strategis untuk menginformasikan program pemerintah kepada masyarakat.

Sejumlah pembicara hadir dalam FGD tersebut, salah satunya Ketua KIM Kabupaten Garut Janur Bagus. Kebetulan baru Garut yang sudah memiliki KIM dan disahkan dalam SK pemerintah daerah.

Dalam FGD juga muncul keinginan agar struktur kelembagaan KIM bisa disahkan. Cukup di tingkat kepala dinas, agar bisa segera terbentuk dan bisa bekerja secepatnya. Selain itu jangan sampai pembentukan KIM hanya seremonial semata, setelah terbentuk tidak bisa bekerja karena alasan keterbatasan anggaran dan SDM.
Sementara M. Latif Faidah, editor buku panduan pengembangan KIM, mengatakan nantinya SDM dalam KIM harus meningkatkan kapasitasnya terutama terkait dengan TIK.

Menurutnya dalam buku yang nantinya disebarkan ke setiap pengelola KIM, akan dijelaskan terkait pentingnya keberadaan KIM serta fungsi dan peran kepada masyarakat. Di bagian lain juga dijelaskan terkait cara efektif memanfaatkan TIK dalam menyebarkan informasi yang efektif dan efesien. Jo

Penulis : rep-jo

Komentar


Post Terkait

Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.