Hening: Hoax Masalah Bersama

Tanggal : 14 Sep 2017 11:00 WIB | Dibaca : | Kategori : Berita

BANDUNG- Keberadaan berita maupun informasi yang belum jelas kebenarannya (hoax) hingga saat ini masih banyak beredar di sejumlah media, khususnya media sosial (Medsos). 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko mengatakan, masalah hoax merupakan masalah nasional yang dicegah tidak hanya oleh pemerintah saja tetapi semua stacholder harus terlibat.

"Hoax ini masalah beredarnya  informasi palsu, informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan, rekayasa, tentu bagusnya masyarakat di medsos jangan terlalu cepat memviralkan untuk sesuatu yang belum diyakini benar beritanya," katanya.

Hening menghimbau kepada  masyarakat khususnya mereka yang sering melihat. memposting atau berkomentar di medsos untuk terlebih dahulu melakukan cek dan ricek terhadap informasi atau berita yang mereka terima sebelum menyebarkannya.

"Tolong konfirmasi kepada informasi awal cari sumber-sumber yang lain untuk memastikan ini bukan hoax," ucap Hening, di acara Kominfo Award, Rabu (13/09).

Menurut Hening, yang sekarang sulit dicegah terkait hoax yaitu ukurannya karen tidak ada yang terlalu bisa untuk menterjemahkan,  apakah informasi ini asli atau palsu, apakah ini riil atau tidak.

"Masalah ini yang harus kita nanti kedepannya mencoba untuk mendorong agar adanya klasifikasi yang termasuk hoax itu yang mana karena tergantung sisi pandang seseorang mungkin berbeda dengan sisi pandang lain," ujarnya.

Jadi menurut Hening, masalah hoax ini merupakan masalah bersama dan bukan masalah lokal tetapi sudah menjadi masalah nasional yang semua elemen masyarakat harus bergerak untuk mencegahnya.

"Intinya sekarang masing-masing individu pengguna medsos harus hati-hati jangan bagian jadi penyebar berita yang hoax," tuturnya. (Parno)

Penulis : Rep-no

Komentar


Post Terkait